Selasa, 18 Mei 2010

Pelatihan Relawan untuk Pendampingan HIV dan AIDS tingkat Klasis GKP

Dari tanggal 14-16 Mei 2010, Gereja Kristen pasundan (GKP) mengadakan pelatihan relawan Pendamping HIV dan AIDS di Wisma YKOMA PGI, Jakarta. Kegiatan ini didukung oleh SINODE GKP, Yayasan Badan Sosial "DHARMA KASIH" GKP dalam kerja sama dengan Yayasan Perumah Sakitan GKP dan tentunya didukung oleh Mission 21.
Para peserta berasal dari 4 Klasis (Jakarta, Parahiyangan, Purwakarta dan Bogor) berjumlah sekitar 22 orang. Dalam pelatihan ini juga GKP mengundang peserta dari Papua yakni dari klasis Serui GKI Tanah Papua hadir satu orang. Kegiatan dibagi dalam 2 bagian: Pembekalan keterampilan dasar Pendampingan HIV dan AIDS dan Rencana tindak Lanjut tiap klasis disesuaikan dengan RENSTRA POKJA AIDS GKP. Peserta terdiri dari Kelompok Pemuda, Kaum Bapak, Majelis Jemaat sekalian Pelawat (Kelompok Kategorial).
Beberapa gereja lokal GKP seperti GKP Gunung Putri dan Bogor sementara ini telah menangani pendampingan ODHA, di harapkan setelah ini mereka akan menjadi gereja gereja pertama yang akan didorong menjadi model penanganan integratif untuk gereja gereja lainnya.
Para Fasilitator terlatih berasal dari POKJA AIDS dan RS Immanuel Bandung. Pelatihan ini dilengkapi dengan perkenalan lapangan yakni mengunnjungi Yayan KHARISMA yang pelayanannya terfokus pada ODHA dengan kasus adiksi NARKOBA (Harm Reduction dan Rehabilitasi), Komunitas RUMAH PHILIA yang mengembangkan pendampingan bagi anak dan keluarga yang hidup dengan HIV dan AIDS: Penyuluhan,Hotline, Pedadampingan ODHA, Dukungan Kelompok Saling Mendukung (Sekolah anak Philia, dan Pendampingan Keluarganya). Diharapkan pada pertengahan tahun 2010 GKP sudah take-off dalam program HIV dan AIDS, terutama pada level klasis dan gereja setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar