Selasa, 23 Februari 2010

Gereja Kristen Protestan Bali: Peranan MBM-lembaga pelayanan diakonal merupakan katalisator Jemaat

Gereja Kristen Protestan Bali: Ketua Sinode GKPB, Pdt.I Wayan Sudira Husada bersama Dr.Debora dari MBM, dan Koordinator Perempuan Ni Luh Ayu Mastri bersama Dr. Yusak Tridarmanto dari UKDW.

Di dalam lingkup masyarakat yang masih kuat memegang tradisi terutama peranan perempuan yang tidak terhitung dalam daftar silsilah keluarga atau hak ulayat, gereja Bali mencoba melakukan pelayanan kemasyarakatan yang berbasis keadilan baik bagi laki laki dan perempuan. Program interfensi diakonal yang egaliter ini perlahan merupakan "Role Mode" yang menunjukan nilai nilai kekristenan, meskipun tidak mudah dan penuh dengan tantangan.

Peranan lembaga pelayanan seperti MBM diharapkan akan menjadi katalisator untuk menggerakkan jemaat dan masyarakat agar lebih demokratis. Karena itu kepercayaan masyarakat terhadap kiprah MBM, khususnya program penanggulangan HIV dan AIDS semakin tinggi.Nyala lilin pelayanannya memberi ruang terang bagi masyarakat sekelilingnya dan bagaimana membagi visi ini bersama jemaat jemaat setempat, merupakan tantangan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar